jasa pembuatan website profesional - Sosial media seperti Facebook dan Instagram yaitu tempat yang paling banyak dipakai oleh pelaku bisnis on-line untuk berjualan. Meski saat ini terdapat beberapa marketplace dengan bermacam tawaran menarik, sosial media tetaplah jadi favorite untuk penjual on-line untuk buka lapak mereka. Persaingan perebutan antarpenjual dan ada algoritma di Facebook buat penjual on-line harus pandai atur siasat agar dapat bertahan dan efisien.
Setiap orang yang berjualan pasti ingin dagangannya laku manis. Persaingan perebutan buat mereka harus berfikir bagaimana agar tetaplah memperoleh pelanggan dan bisnis dapat selalu jalan. Terlebih saat ini konsumen bukan sekedar mencari barang di sosial media walau demikian mereka juga memilih marketplace jadi alternatif.
Sosial media masih tetap dipandang fasilitas efisien baik untuk berjualan atau cuma untuk fasilitas promosi belaka. Terlebih pemakai Facebook di Indonesia berada di tempat keempat paling aktif didunia. Ini adalah kesempatan untuk pelaku bisnis on-line untuk pasarkan dagangan mereka di sosial media.
Tantangan untuk pedagang on-line di sosial media ada persaingan perebutan dan ada kebijakan Facebook mengaplikasikan algoritma Facebook yang membatasi tulisan dan frekwensi penampilan status atau photo unggahan.
Berikut ini yaitu cara mudah agar potensi penjualan Kamu di sosial media dapat efisien dan efektif.
1. Buat Fan Page
Melalui fan page, Kamu juga akan dengan mudah mempromosikan dagangan Kamu. Seperti sebuah situs situs Kamu dapat memposting barang dagangan di situs itu. Lalu hanya beberapa orang yang menghimpit tombol “like” yang dapat lihat tulisan Kamu. Itu penyebabnya barang dagangan Kamu harus terlihat menarik konsumen. Mereka yang menghimpit tombol like tidak cuma rekan Kamu, tetapi juga jaringan diluar pertemanan Kamu.
2. Maksimalkan Fan Page
Bila fan page telah di buat, langkah setelah itu yaitu memaksimalkan fan page itu dengan memberi info detil berkaitan toko on-line Kamu. Jadi contoh, apa sajakah yang Kamu jual, jam berapakah Kamu buka toko, tempat Kamu, termasuk buat tombol call untuk memudahkan customer untuk menghubungi Kamu. Tetapi perlu diingat, sebelumnya pasti Kamu harus pastikan siapapun sebagai tujuan pasar Kamu.
3. Gambar dan Photo yang Berkualitas
Sebelumnya mengunggah photo product, alangkah sebaiknya pastikan kembali photo itu telah dalam keadaan yang paling baik. Photo yang Kamu tunjukkan harus juga detil dan memiliki resolusi yang cukup. Contoh bila Kamu berjualan tas. Kamu bukan sekedar menempatkan photo dibagian depan tas, walau demikian juga bagian samping, belakang dan dalam tas. Photo yang pasti juga akan buat konsumen tertarik lihat dan belanja di toko Kamu.
4. Menaikkan Jumlah Followers
Kebanyakan orang yaitu customer mungkin untuk penjual. Kamu dapat menaikkan pertemanan dengan acak dengan memakai tombol search and invite rekan Kamu untuk menghimpit tombol “like”. Makin banyak likers fan page Kamu, pastinya juga akan makin banyak calon konsumen yang Kamu miliki dan menaikkan tingkat keyakinan atas toko Kamu.
5. Up-date Status Dengan Rutin
Frekwensi Kamu mengupdate status juga akan makin sering rekan Kamu lihat. Sebaiknya Kamu mengupdate status pada jam-jam tertentu contoh saat pagi dan siang hari atau di jam-jam yang sangat mungkin seorang terhubung Facebook atau Instagram. Beberapa jam yang sering dipakai oleh toko on-line yaitu ketika pada pagi hari sebelumnya pergi bekerja, jam makan siang dan jam pulang kerja di mana pemakai media sosial telah mulai aktif sampai malam hari.
6. Buat Tulisan Kreatif
Status atau tulisan yang beberapa umum saja juga akan dipandang angin lalu oleh rekan Kamu. Agar toko Kamu dilirik, buatkah status yang lucu dan menarik perhatian. Ada hubungan dengan rekan-rekan di sosial media juga akan mempermudah Kamu untuk mempromosikan dagangan dan pastinya tingkatkan penilaian Kamu jadi toko yang aktif dan sangat perduli dengan konsumen.
Tulisan bukan sekedar berkaitan dengan barang jualan. Kamu dapat juga memerhatikan siapa tujuan pasar jualan Kamu. Contoh tujuan pasar Kamu yaitu anak muda, Kamu dapat mengupdate status berkaitan kegemaran, hoby atau trend yang tengah disenangi mereka. Ini juga akan memancing mereka untuk buka situs dan tulisan Kamu.
7. Gabung di Group Facebook
Salah satu cara yang maksimal yaitu gabung di group Facebook. Tetapi Kamu harus cermat lihat dan memilih group. Pastikan Kamu memilih group khusus jual beli atau group yang memang relevan dengan product yang Kamu jual. Ada beberapa group yang memang melarang anggotanya untuk mempromosikan apa pun termasuk dagangan hingga Kamu harus waspada sebelumnya menjual product Kamu.
8. Promosi Melalui Facebook Ads
Saat ini banyak penjual memakai Facebook Ads untuk mempromosikan dagangan mereka. Hanya saja promosi melalui Facebook Ads ini tidak beberapa hanya. Kamu harus membayar agar bisa promosi di Facebook.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "8 Cara Efektif Berjualan di Media Sosial Facebook"
Posting Komentar