Kamis, 27 Februari 2020

APD - Alat Pelindung Tangan



Tangan adalah anggota badan yang tentu kita pakai dalam semua bagian pekerjaan. Karena itu seyogyanya anggota badan yang satu ini kita jagalah sebaik-baiknya. Bila tidak jadi objek kecelakaan kerja, karena itu tangan dapat jadi penghubung penting berlangsungnya kecelakaan kerja. Contohnya terserang sengatan listrik sebab tangan langsung bersentuhan dengan saluran listrik. jual sepatu safety bisa menjadi solusi untuk kamu.

Untuk meminimalkan berlangsungnya kecelakaan kerja, alat pelindung diri (APD) yang komplet harus dipakai. APD ini mencakup alat pelindung kepala, alat pelindung muka / mata, alat pelindung telinga, alat pelindung tubuh, alat pelindung tangan, alat pelindung kaki, sampai baju kerja.
APD ini dipakai sesuai keperluan kerja untuk menghindari dari risiko yang muncul karena kerja.
Pada topik ini, kita akan mengulas tentang alat pelindung diri (APD) yang dipakai pada tangan.

JENIS-JENIS DAN STANDAR SPESIFIKASI PADA ALAT PELINDUNG TANGAN.
Pemakaian alat pelindung tangan ini berperan untuk dua hal yang berlainan. Pertama APD ini bisa tingkatkan efisiensi hasil kerja (pada bagian produksi). Ke-2, alat pelindung tangan berperan membuat perlindungan tangan dari semua risiko yang bisa mengakibatkan tangan terusik/terluka karena pekerjaan, seperti terserang zat kimia, akibatnya karena pengelasan, dll.
Bagaimana dapat satu sarung tangan tingkatkan efisiensi? Pikirkan bila Kamu mengusung ember gagang kawat yang berisi adonan semen tanpa ada memakai sarung tangan. Akan berasa sakit kan? Rasa sakit ini lama kelamaan akan kurangi efisiensi kerja.

Alat pelindung tangan mempunyai beberapa jenis seperti berikut :

Sarung tangan tangan kain standard / gabungan.
Sarung tangan memiliki bahan kain dibikin dengan beberapa macam. Dari mulai jumlahnya formasi benang penyusun sampai sarung tangan sarung tangan yang diperlengkapi dengan dot atau titik plastik pada permukaan telapak tangan.
Ketidaksamaan type pada sarung tangan ini sesuaikan dengan kegiatan pekerjaan yang dikerjakan. Pada type kain biasa, ketebalan punya pengaruh pada kenyamanan pemakai. Sedang sarung tangan yang diperlengkapi dengan “dot” berperan untuk tingkatkan grip/ daya pegang tangan.
Sarung tangan dot semestinya dipakai pada pekerjaan yang memerlukan daya pegang yang kuat. Misalnya waktu memakai trowel, palu, dan lain-lain.

Sarung tangan karet / latex.
Sarung tangan karet / latex mempunyai keunggulan yakni tidak berpori, hingga pas dipakai untuk beberapa bahan yang memiliki kandungan cairan kimia, khususnya asam. Type sarung tangan ini banyak dipakai untuk kegiatan berkebun serta untuk pekerjaan bersihkan rumah seharian.

Sarung tangan kulit.
Sarung tangan kulit terbuat berbahan kulit asli. Keunggulan dari pemakaian bahan kulit ini yakni mempunyai keunggulan pada panas yang benar-benar baik. Panas yang disebut bisa berbentuk panas dari benda atau radiasi panas. Sarung tangan kulit ini banyak dipakai untuk pengelasan serta aktivitas-aktivitas lain yang membutuhkan kontak dengan benda yang bersuhu panas seperti di peleburan logam.

Demikian artikel tentang alat pelindung tangan. Mudah-mudahan artikel ini dapat meningkatkan pengetahuan Kamu tentang standar keselamatan kerja.

1 komentar:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ayo segera bergabung dengan kami di ionqq^^com
    dengan minimal deposit hanya 20.000 rupiah :)
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa & E-Money
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.IONPK.CLUB :-*
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus