Dunia kerja memang berbeda ya, Mams, di kantor Anda sering menemui beberapa orang dengan karakter dan latar belakang yang juga berbeda. Nah untuk menangani hal itu, diperlukan kekuatan komunikasi yang optimal agar pekerjaan dan sosialisasi Anda tetaplah lancar. Terlebih bila posisi Anda sebagai atasan. Berikut 9 cara efisien untuk menerapkan komunikasi
di kantor.
1. Buat situasi kantor yang seru. Berdiskusi enjoy seputar pekerjaan mungkin saja seru lho, Mams. Anda tak harus terus-terusan ada di belakang meja kerja kan. Ajak beberapa rekanan kerja untuk duduk bersama-sama sambil minum kopi dan mengulas pekerjaan secara enjoy. Hal semacam ini akan memberi keakraban juga peluang untuk Anda untuk menilainya opini dan kemampuan mereka. Sesekali adakan juga outing kecil seperti karaoke atau ke bioskop bersama.
2. Benar-benar mendengarkan. Saat ada rekanan kerja yang memberi pendapat atau bahkan kritik, Anda bukan sebatas mendengarkan, tetapi harus mengolah apa yang ia katakan. Hal semacam ini akan membuat beberapa rekanan kerja terasa didengarkan dan menyimpan rasa percaya pada Anda.
3. Jagalah emosi Anda. Mengumbar emosi di kantor memang beresiko dan karir Anda yang jadi taruhannya. Oleh karena itu melindungi emosi begitu penting. Walau Anda sangat jengkel dengan salah satu rekanan kerja, coba untuk selalu memikirkan kalau permasalahan pekerjaan bukanlah permasalahan pribadi. Hal itu akan merubah sikap Anda di kantor.
4. Menyimpan kepercayaan. Yang satu ini penting juga lho, Mams. Anda mustahil lakukan segalanya kan, coba untuk menyimpan kepercayaan pada rekanan kerja sesuai dengan bagiannya masing-masing.
5. Jadi jembatan pada bawahan dengan manajemen perusahaan. Sebagai seorang atasan, Anda harus bisa jadi jembatan pada manajemen perusahaan dengan beberapa orang yang bekerja dibawah Anda. Misalnya mengupayakan kenaikan jabatan ataupun upah untuk bawahan yang berprestasi.
6. Selalu memberikan feedback yang positif. Sesibuk apa pun Anda, jauhi berikan feedback negatif saat orang coba berkomunikasi dengan Anda. Layani saja dahulu, setelah beberapa lama Anda bisa memberi tahu mereka kalau Anda tengah repot dan secepatnya akan menghubungi kembali.
7. Hargai perbedaan budaya. Kolega dan client Anda tentu beragam, dan mungkin saja datang dari negara yang berbeda. Agar komunikasi terhubung dengan baik, tekuni budaya mereka masing-masing ya, Mams. Menghormati budaya orang lain begitu berpengaruh pada karir ataupun kehidupan Anda sendiri.
8. Komunikasi secara langsung. Saat ini Anda memanglah telah dimudahkan untuk berkomunikasi melalui e-mail juga short message service lewat smart phone. Namun Mams mengetahui seorang secara langsung akan memberi efek yang berbeda. Bila ia bicara langsung dengan Anda maka ia akan terasa memiliki jalinan pribadi dan selalu ingat pada Anda.
9. Atasi perseteruan dengan diplomatis. Perseteruan ditempat kerja memanglah sulit dijauhi. Kuncinya tetaplah jaga emosi dan berlaku diplomatis. Saat emosi menempa, ada baikya Anda menenangkan diri terlebih dulu lalu kembali dengan sikap yang lebih bijak dan diplomatis.
sewa kantor murah jakarta selatan
Belum ada tanggapan untuk "Bagaimana Langkah Berkomunikasi Efektif di Lingkungan Kantor Anda?"
Posting Komentar