Minggu, 19 November 2017

Peran Humas Dalam Pencitraan Organisasi

Image result for hubungan masyarakat

konsultan pr jakarta - " Indonesia adalah Negara terkorup nomor dua di Asia Tenggara ", menurut PERC/Political and Economics Risk Consultancy, Ltd, Hong Kong, (diambil dari presentasi KPK). Ketika surat berita berisi info ini, maka pesan di terima oleh pembaca yang lalu membuat, dan memaknai hingga terjadi persepsi. Persepsi yang diperkuat oleh info eksternal juga akan hasilkan citra (image). Pencitraan jelek oleh pembaca ditambah oleh pencitraan dari orang-orang (orang-orang umum, profesi dan industri) juga akan berakumulasi jadi citra Indonesia yang jelek. Reputasi adalah label yang didapatkan pada organisasi dan pemimpin organisasi, ketika penilaian dengan mental dalam benak khalayak dilakukan. Public Relations memiliki peranan utama dalam penciptaan citra yang baik untuk organisasi.

Sistem Pencitraan 

Sistem komunikasi adalah penyampaian isi pernyataan (pesan) dari komunikator pada komunikannya melalui saluran info (Hoeta Soehoet, 2003). Pesan yang di sampaikan tidak dan merta di terima oleh khalayak/komunikan. Ada rangkaian sistem, dari mulai diterimanya pesan oleh mata, apabila pesan visual, dibuat dengan membandingkannya dengan opini penerima pesan dan opini umum, baru lalu dimaknai dan jadi persepsi. Pesan dapat di sampaikan dengan visual, verbal, dan perilaku (Fomburn, 1996, Dowling, 2002, schifman & Kanuk, 2004). Pesan visual, pada organisasi, biasanya diperkenalkan melalui logo organisasi. Logo organisasi ini harus dapat dengan mandiri mengemukakan visi misi organisasi. Untuk menguatkan pesan, logo dapat dibarengi dengan pesan verbal yakni dengan memberikan slogan/credo. Tingkah laku, adalah unsure pembentuk persepsi yang paling efisien ; dapat membuat persepsi yang baik, ataupun persepsi yang jelek. Unsur tingkah laku ini lebih susah dikelola karena menyangkut tingkah laku semua anggota organisasi, tidak cuma pimpinan organisasi saja. Persepsi yang dibuat dalam benak khalayak juga akan jadi deskripsi/citra tentang organisasi itu yang menempel pada benak khalayak.

Sistem Pengelolaan Citra 

Citra harus dikelola dengan baik. Dihubungkan dengan pembagian pekerjaan dalam organisasi, Public Relations adalah komponen organisasi yang melakukan pengelolaan citra dengan systematis. Tetapi, mengingat sistem pembentukan persepsi, terutama pada komponen perilaku, setiap anggota organisasi dapat memberi pesan pada khalayaknya melalui tingkah laku yang dipertunjukkan, maka setiap anggota organisasi adalah PR officer (PRO). Pekerjaan PRO adalah melakukan usaha dalam mengemukakan isi pernyataan pada khalayak sasarannya agar internal dan eksternal umum minimum tidak merugikan dan maksimum anggota keuntungan dengan terus-menerus pada organisasi (Hoeta Soehoet, 2003). Dengan pojok pandang terpusat pada usaha pembentukan opini umum yang baik dan pelajari pada usaha itu untuk perubahan organisasi, Cutlip & Center (dalam Gruning 1998, 2003) menyebutkan

peranan PRO adalah jadi agen pembentuk opini umum. PRSA (Public Relations Society of America) mendeskripsikan pekerjaan PRO jadi agen yang menghubungkan organisasi dengan publiknya. Berdasar pada pengertian pekerjaan PR, komponen utama yang perlu dibuat oleh pada PRO adalah citra organisasi. Citra organisasi dibuat dari elemen visual, verbal dan tingkah laku sebagai cerminan aktualisasi dari visi pemimpin organisasi yang terintegrasi dengan misi dan gagasan strategik organisasi (Howard, 1998). Citra organisasi juga adalah cerminan jati diri organisasi yang juga akan membuat nama baik organisasi (Fomburn, 1996). Dari beberapa pakar komunikasi tersebut di atas, jelaslah kalau citra harus dikelola melalui dialog dan hubungan baik dengan khalayak organisasi. Visi, misi organisasi yang juga akan jadi arah berjalannya organisasi perlu di buat dengan cermat. Mengingat pembentukan visi misi adalah hal yang sangat strategis, diperlukan pemimpin yang jujur, bertanggungjawab dan visioner. Dalam menanggapi suatu issue perlu di perhatikan ada tiga komponen yang sama-sama berhubungan dan memiliki kebutuhan semasing, yakni pemerintah, khalayak dan mass media. Hubungan oleh ke-3 komponen perlu memperoleh perhatian khusus untuk PRO. Pengelolaan citra juga di pengaruhi oleh budaya organisasi, yakni sistem nilai/alur tingkah laku kolektif beberapa kumpulan orang yang sama-sama memengaruhi melalui komunikasi. Dalam budaya organisasi yang kuat prinsip, nilai yang sama sudah terinternalisasi dengan rata hingga semua anggota organisasi memiliki sikap terpadu dalam hadapi tantangan organisasi. Pada organisasi dengan budaya organisasi yang lemah, anggota juga akan memercayakan kepribadian juga akan hasilkan tingkah laku yang berlainan. Pengelolaan citra dari tingkah laku anggota organisasi berikut yang paling susah dilakukan.

Hubungan Dengan Reputasi 

Reputasi (nama baik) organisasi adalah penilaian atas semua citra organisasi yang ada pada benak khalayak. Pada pengambilan ketentuan khalayak, maka reputasimenjadi komponen yang dinilai. Kepemimpinan organisasi, usaha yang sudah dilakukan, filosofi perusahaan juga akan mencerminkan credibility organisasi yang juga akan memberi rasa yakin pada khalayak organisasi itu.

Kiat PR Untuk Membuat Citra 

Beragam program kerja dapat dilakukan olah PRO untuk membuat citra positif organisasi yakni dengan publikasi, membuat aktivitas, berita, perlibatan khalayak, lobbies dan perlibatan orang-orang sosial. Service info adalah bagian dari kiat utama PRO.

Pentingnya PR Audit 

Agar bisa buat kiat yang baik, diperlukan keterbukaan organisasi agar melakukan audit baik internal dan eksternal organisasi untuk menghasil citra organisasi yang positif yang lalu juga akan mambangun reputasi organisasi yang baik.

Lihat juga : konsultan public relations

Selasa, 07 November 2017

Ini Dia, Tips Memilih Hosting Yang Terbaik

Related image

jasa pembuatan website di jakarta selatan - Bicara masalah mana Hosting yang paling baik, tentu bingung kan? Pasalnya, demikian banyak layanan situs hosting yang tawarkan beragam promo dari yang paling murah sampai kemampuan yang besar sampai beberapa ratus gigabyte space. Walau sebenarnya, hal semacam ini tidak baik untuk website kamu karena ada terbatasnya karena infrastruktur server dan jaringan data center tersebut, server yang di isi dengan adanya banyak website yang ber-traffic tinggi juga akan menyebabkan beban server bertambah, mengakibatkan website kamu susah sekali dibuka atau sering down.

Biasanya pelanggan juga akan lihat harga dan sarana yang di tawarkan. Walau sebenarnya, terkecuali dua hal itu, banyak pertimbangan beda yang pantas di pikirkan.

SUPPORT 
Service dari tim Dukungan suatu hoster atau perusahaan hosting adalah core atau inti dari jasa ini. Kenapa saya berkata sekian, karena yang sebenarnya di jual oleh perusahaan hosting tidaklah seiris ruang pada harddisk, atau bandwidth, atau software, tetapi jasa dukungan. Berikut yang membedakan hosting berbayar atau hosting gratis. Disinilah value yang Kamu bayar.

FASILITAS/FITUR HOSTING 
Apa berarti bila kamu berlangganan hosting tetapi tidak bisa memakai aplikasi yang Kamu kehendaki? Provider biasanya harus sediakan aplikasi/software/librari yang standard diperlukan beberapa orang, seperti PHP, MySQL, Perl, dengan versus yang cukup baru dan berikut librari-librarinya. Feature yang lain seperti menempatkan antivirus dan antispam di server SMTP, ada akses mailbox melalui webmail, POP3, forwarding, dan IMAP4. Dalam soal mengupload website, dapat dengan cara-cara lewat FTP ataupun interface cPanel. Mengenai di Pasarhosting, untuk sarana SSH dapat kamu jumpai bila berlangganan VPS. Untuk paket VPS Indo, kami siapkan layanan Managed Server apabila Kamu beli cPanel. Layanan cPanel ini hanya berlaku untuk VPS 20 dan VPS 25. Untuk teman dekat PH yang ingin mengubah setting akses SSH, silakan menghubungi kami. Kami siap menolong.

BACK UP 
Kenapa Back Up jadi salah satu aspek pertimbangan Kamu memilih Perusahaan Hosting yang tepat? Karena sering data di server (termasuk e-mail dan database) yaitu hanya satu copy yang dipunyai oleh pelanggan hosting. Baiknya Kamu ajukan pertanyaan pada penyedia hosting, seberapa sering mereka melakukan backup, dan hindari penyedia hosting yg tidak terang policy backup-nya dan hanya satu minggu atau satu bulan sekali melakukan backup. Pengalaman menunjukkan, penyedia hosting yang melakukan back up teratur sudah sekian kali menyelamatkan kehilangan data yang penting karena mesin/harddisk crash, atau kecelakaan karena tidak berniat terhapus, dll. Feature Back Up ini sudah teratur Pasarhosting kerjakan setiap minggu dan bln.. Kamu tidak perlu cemas dengan data kamu.

STABILITAS SERVER DAN JARINGAN, UPTIME. 
Makin penting website atau perusahaan on-line Kamu, maka makin penting juga kestabilan dan uptime (dan aspek harga jadi makin relatif rendah kebutuhannya dibanding aspek kestabilan ini). Ada banyak hal yang memengaruhi kestabilan/uptime, yakni mesin, jaringan, dan software/keamanan seperti konfigurasi computer yang dipakai dan setiap computer biasanya tidak di isi lebih dari 200-300 akun agar tidak memberatkan akses. Keamanan server harus juga di perhatikan karena server yang sering dihack juga akan jadi sering down bahkan juga sering kehilangan data, suatu hal yang sangat mengganggu operasi server. Spammer atau user yang iseng coba-coba membobol keamanan atau menempatkan software yang mencurigakan harus juga di perhatikan. Ini karena server yang kirim spam juga akan relatif diblacklist oleh server beda, mengakibatkan beberapa akun beda di mesin yang sama terganggu penerimaan emailnya. Demikian pula software-software yang mencurigakan terkadang menggunakan resource CPU/memori atau buat server jadi terblokir oleh server beda.

KEBERADAAN PERUSAHAAN YANG JELAS 
Perusahaan Hosting di Indonesia terlebih, makin banyak. Dan ketahui dengan terang di mana letak perusahaan itu juga akan tambah lebih berguna daripada harga yang di tawarkan oleh perusahaan hosting itu. Walau banyak perusahaan hosting mulai menjamur, tetapi banyak dari mereka tidak memiliki tubuh usaha, tidak memiliki tempat yang pasti dan keberlangsungan usahanya hanya beberapa bln. atau 1 th. saja. Kemudian, Kamu juga akan digantung karena ketidakjelasan info ini juga akan sangat merugikan Kamu.

Apakah Kamu baru coba perusahaan hosting untuk pertama kalinya? Dan maksud utama Kamu hanya untuk coba-coba atau sebatas belajar? Mungkin hal semacam ini akan tidak jadi problem. Tapi untuk Kamu yang ingin mulai bisnis atau tekuni suatu hal dengan serius dan mulai memakai jasa Hosting, ini yaitu hal yang penting. Contoh masalah : Data kamu mendadak hilang karena suatu hal di luar kuasa Kamu, bila tempat perusahaan hosting Kamu tidak terang, Kamu juga akan kesusahan untuk menghubungi mereka karena ingin memohon back up data Kamu. Yang lebih kronis sekali lagi bila domain Kamu jadi sandera sebab kontak/password domain ada kepada pihak hosting dan beberapa sekali lagi mereka tidak dapat dihubungi.

HARGA. 
Jadi customer yang cerdas, pastinya Kamu sangat ketahui kalau memastikan harga jasa tidak semudah memastikan harga barang. Harga sebuah jasa susah di buat eksaknya. Tidak seperti jual computer atau hardisk yang dapat kamu banding harga dan spesifikasinya dengan toko elektronik samping, penyedia jasa seperti perusahaan Hosting tergantung pada tingkat layanan dan hal tersebut tentu berlainan pada setiap perusahaan. Oleh karena itu, harga jadi nomor ke demikian jadi salah satu aspek penentuan perusahaan hosting.

HARGA MELAWAN KUALITAS HOSTING. 
Untuk pemain bisnis yang barusan terjun, biasanya mereka hanya mempertimbangkan resource space dan traffic limit. Walau sebenarnya selain itu banyak batasan - batasan beda sebuah server salah satunya yaitu CPU load dan Memory. Oleh karenanya bila harga yang di menawarkan sangat murah maka konsekwensinya yaitu pengurangan - pengurangan sarana hosting yang punya potensi besar menyebabkan beban berlebihan pada server. Bila ada yang tawarkan harga sangat murah namun masih tetap tawarkan fasilita - sarana yang fantastis, maka hal semacam ini semestinya jadi sinyal bertanya besar.

JANGAN TERJEBAK DENGAN " UNLIMITED ". 
Biasanya perusahaan situs hosting membatasi jumlah mailing daftar, FTP akun, dan database untuk melindungi reliabilitas layanan. Diluar itu traffic per bln. juga dibatasi dengan anggapan bila traffic tinggi, maka beban server juga tinggi. Di Pasarhosting, untuk pengiriman e-mail di shared hosting di batasi 150 pengiriman e-mail per satu jam untuk satu domainnya. Hal semacam ini berperan untuk hindari block nama domain atau IP server karna di sangka spam.

KEPEMILIKAN DAN PENGATURAN DOMAIN. 
Domain jadi hak penuh si yang memiliki yakni pelanggan. Oleh karenanya, pelanggan memiliki hak melakukan apa pun seperti penyusunan dan periksa ke dalam panel domain. Pelanggan memiliki hak mengubahkan hosting, melakukan penyusunan nameserver, dan perpindahan kepemilikan domain atau transfer ke registrar domain beda. Bila pelanggan tidak memiliki akses penuha, maka di masa datang juga akan menjumpai kesusahan karena tergantung pada perusahaan hosting tempat pelanggan beli domain itu.

Lihat juga : jasa pembuatan website di tangerang

SECURITY DALAM JARINGAN ATAU SERVER HARUS KUAT. 
Sampai saat ini, tidak ada satupun system yang demikian prima untuk menahan serangan beberapa Cracker ini. Keamanan jadi hal yang paling penting didunia maya. Nah, cara yang paling aman dan simpel yaitu meyakinkan kalau tim dukungan di perusahaan Hosting yang juga akan kamu pilih memiliki tim yang pakar juga akan hal keamanan. Bila tidak miliki, cepatlah berpindah ke perusahaan hosting yang lain.